Setelah Puluhan Tahun, Akhirnya Pasar ini Punya Nama

Atiyasa Karya - Pasar Ngeplang merupakan salah satu pasar desa yang ada di Desa Blagung. Pasar ini sudah dikenal sejak puluhan tahun lalu. Masyarkat sekitar menyebutnya dengan nama pasar Ngeplang. Melalui Bumdes Atiyasa Karya, akhinya pada Minggu, 25 Januari 2018 pasar desa ini terpampang plang pasar yaitu "Pasar Ngeplang".

Nama "Ngeplang" bukanlah nama baru, bahkan nama ini sudah cukup terkenal sebelumnya. Nama Ngeplang sendiri identik dengan nama tugu, nama pasar, dan nama dari sejumlah dusun yang ada disekitar tugu jam. Bahkan Ngpelang terkenal tanpa kertas

Melalui hasil pendapatan penyewaan kios pasar tahunan pada tahun 2017. BUMDes desa Blagung mengalokasikan dana tersebut untuk kebutuhan pasar salah satunya adalah pembuatan plang nama pasar dan nomer kios pasar untuk dua pasar yaitu Pasar Ngeplang dan Pasar Blagung.

Pemasangan papan nama pasar dirasa penting karena menunjukan bahwa secara resmi pasar tersebut memiliki nama. Hal ini akan membantu masyarkat dalam mencari atau mengetahui keberadaan pasar tersebut. Selain itu, nomer pasar juga memudahkan calon pembeli dalam mencari penjual yang dicari dan memudahkan dalam adminsitrasi terutama saat penarikan sewa kios pasar tahun berikutnya. 

Pengelolaan pasar akan terus diupayakan baik secara administratif maupun secara fisik untuk memberikan kenyamanan baik kepada para penjual dan para pembeli. Pada pengembangan selanjutnya ada rencana penyertaan nomer denas dan pengontrak pasar, cat batas kios, paving los, pembanahan taman, pengadaan tempat sampah, dan sejumlah pembenahan atau dekorasi agar pasar bukan hanya bersih, tetapi juga menarik untuk dikunjungi. 

Pada akhirnya pasar yang dikelola dengan baik dapat meningkatkan pendapatan asli desa secara berkesinambungan. 


No comments

Powered by Blogger.