Studi Banding BUMDes Atiyasa Karya ke JIC UNS

Studi banding merupakan suatu upaya belajar dan menambah wawasan secara langsung yang telah diterapkan oleh orang lain. Pada kesempatan kali ini Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Atiyasa Karya Desa Blagung berkunjung ke Jatikuwung Innovation Center (JIC) Universitas Sebelas Maret (UNS) pada hari Sabtu, 14 Januari 2017. 

Pada studi banding ini, perwakilan dari BUMDes yakni Sdr M.N. Aziz dan Agung Prasetyo bertemu dengan tim dari JIC sekaligus mahasiswa peternakan UNS sdr Sodik dan Reza. Sejumlah penjelasan dijelaskan terkait dengan pengumpulan bahan, proses pembutan, hingga pengemasan. Selain itu dilanjutkan dengan tanya jawab terkait standarisasi bagunan, perlatan yang digunakan, hingga pemasaran pupuk.

Kunjungan ini sebagai langkah awal untuk mempelajari bagaimana produksi pupuk dapat dijadikan sebagai wawasan baru akan adanya suatu upaya untuk pengelolaan kotoran sapi agar memiliki nilai ekonomis, pemberdayaan masyarkat, menuju pertanian organik, kerjasama, dan sumber pendapatan yang menguntungkan terlebih dilingkungan desa yang kaya akan potensi kotoran sapi yang melimpah dan belum terkelola. 

Lihat galeri studi banding untuk melihat tempat produksi, alat, dan kemasan pupuk

No comments

Powered by Blogger.